Selasa, Oktober 14, 2008

KEMOTERAPI KEEMPAT

10 s.d. 13 September 2008

CT-scan thorax menjadi salah satu prosedur sebelum menjalani kemoterapi keempat. Dari hasil CT-scan ini, pengobatan kanker paru dengan kemoterapi dievaluasi, terutama evaluasi terhdapa tingkat keberhasilan kemoterapi. Prosedur lainnya – seperti pemeriksaan urine dan darah-tetap dijalani. Mulai saat ini, Dokter yang menangani isteriku adalah dr. Endah, Sp.P

Dari hasil CT-scan ini, dokter radiologi di RS Persahabatan menyatakan bahwa ada pengecilan ukuran lesi (tumor) di paru kiri. Pengecilan diperkirakan mencapai 50%. Ada rasa syukur kehadirat Allah SWT atas kenyataan ini. Aku berfikir bahwa ini adalah buah dari do’a-do’a yang dimohonkan, dari TNJ dan spirulina yang terus dikonsumsi, dari ketabahan dan ketawakallan, dan dari dukungan keluarga, kerabat, dan kawan-kawan.



Paska kemoterapi ketiga, efek kemoterapi tidak terlalu dirasakan. Tidak seperti kondisi paska kemo sebelumnya. Diare dan mual serta hilangnya selera makan memang ada selama 3 hari paska kemo ketiga.
Prosedur untuk rawat inap dan kemoterapi keempat di RS Persahabatan masih seperti prosedur sebelumnya. Obat-obatan untuk kemoterapi juga masih terdiri dari 8 botol anzatax dan 2 botol carboplatin. Tetapi, aku harus mendapatkan satu kantong darah B dari PMI karena ketika pemeriksaan darah, hemoglobin isteriku dibawah ambang batas toleransi kemo. Untuk prosedur permintaan darah ini, aku mendapatkan pengantar dari Ruang Soka Bawah tempat isteriku dirawat. Surat Pengantar ini dibawa ke PMI yang letaknya didalam areal laboratorium 24 jam RSP. Beruntung karena persediaan darah B di laboratorium ini mencukupi.
Darah ini dimasukkan ke tubuh isteriku melalui selang infus selama 4 jam.

Kemo mulai dilaksanakan pada Kamis malam tanggal 15 September pkl.00.00 WIB dan berakhir pada Jum’at malam. Hari Jum’at sore aku menyelesaikan semua pembiayaan perawatan. Satu hari paska pelaksanaan kemo, dilakukan punksi pleura karena berdasarkan hasil rontgen paru kiri ternyata masih terdapat banyak cairan. Dari punksi kali ini, cairan yang berhasil dikeluarkan mencapai + 750cc.
Sore hari-nya kami diizinkan pulang.

Tidak ada komentar: