Kamis, Juli 17, 2008

KEMOTERAPI (2)

Rabu (16 Juli 2008), Jam 8.35 WIB, cairan infus (NaCL) yang sudah dicampur dengan obat-obatan kemoterapi I mulai dipasang di lengan kiri isteriku. Dokter dan Perawat yang mencampur dan memasang cairan kemo menggunakan pakaian khusus. Seperti astronot atau dokter ahli yang menangani flu burung. Menurut jadwal, cairan ini akan habis dalam waktu 3 jam. Kenyataannya, jam 12.35 cairan ini baru habis. Jam 12.35 WIB, dilakukan "pembilasan" dengan memasukkan cairan infus (NaCL) murni tanpa campuran obat-obatan kemo. Pembilasan ini direncanakan selama 3 jam. Jam 15.35 WIB cairan infus (NaCL) yang sudah dicampur dengan obat-obatan kemoterapi II mulai dialirkan lagi melalui pembuluh darah isteriku. Cairan kemo kedua ini habis pada jam 18.00. Cairan terakhir adalah
cairan pembilasan (NaCL) murni tanpa campuran obat kemo, yang direncanakan berlangsung minimal 8 jam (30 tetes per menit), tetapi ternyata cairan ini baru berakhir pada hari Kamis (17 Juli 2008) pukul 8 pagi.

Isteriku mengikuti anjuran untuk memperbanyak konsumsi jus buah. Alhamdulillah kondisi badannya tetap fit. Mungkin perlu kusampaikan di Blog-ku ini, sebagai alternatif, isteriku mengkonsumsi Tahitian Noni Juice (TNJ) sejak 25 Juni 2008. Satu botol harganya mencapai 488ribu. Lumayan Mahal menurutku, tapi sugesti isteriku berkata bahwa TNJ ini sangat berkhasiat untuk kesehatannya. Satu hari, isteriku mengkonsumsi 250ml sebelum sarapan dan 250ml sebelum tidur. dari referensi yang kubaca, TNJ ini dapat mematikan sel-sel kanker sekaligus membangun sel-sel baru yang telah dirusak oleh kanker. dari sumber yang sama disebutkan bahwa TNJ bisa meminimalisasi efek samping kemoterapi. Mungkin hal ini baru terbukti, isteriku nyaris tidak mengalami efek samping dari kemo (seperti mual, pusing, dll). Aku juga selalu berharap, kemoterapi ini tidak berdampak terhadap organ-organ tubuh yang lain isteriku, seperti yang dialami oleh beberapa pasien. Melalui SMS, aku mohon bantuan do'a dari keluarga dan kawan-kawan.

Kemo siklus II akan dijalani 21 hari dari sekarang, atau tanggal 5 Agustus 2008. Siang ini kami sebenarnya sudah diperbolehkan pulang. Tapi mungkin kami akan pulang paling cepat malam nanti atau besok pagi. Hari ini mungkin bisa digunakan isteriku untuk istirahat setelah kenyamanan tidurnya tadi malam terganggu oleh selang infus.
SELAMAT DATANG KEMBALI DI RUMAH.

Tidak ada komentar: